Sunday

Pilgub Sumut, Syamsul Arifin: Pertama Datang, Dua Cucuk

Tokoh masyarakat/mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tokoh masyarakat asal Sumut, Syamsul Arifin, kembali berhasil membuat para pendengarnya tertawa.

Kali ini, Syamsul mengisi acara pada Pengukuhan Ikatan Alumni KNPI Sumut di Hotel Le Polonia Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Sabtu (24/2/2018) malam.

Syamsul membacakan orasinya saat itu. Ia mengajak publik untuk datang ke TPS ketika pemungutan suara pada Pilkada dan Pilgub di Sumut mendatang.

Baca: Syamsul Arifin Minta Jangan Pakai Isu SARA pada Pilkada, Ini Harapan Mantan Gubernur Sumut

Sebab, angka partisipasi pemilih pada Pilkada terakhir Kota Medan sangat memprihatinkan. Di bawah 30 persen, sehingga menjadi satu di antara jumlah partisipasi terendah di Indonesia.

Dengan logat khasnya, Syamsul memacu minat publik untuk menggunakan hak pilih selaku warga negara. Sebab, hal ini akan menentukan arah pemerintahan daerah lima untuk lima tahun ke depan.

Menurut Syamsul, tidak ada yang rumit dalam menggunakan hak pilih.

"Enggak berat-berat bilang, pertama datang, kedua cucuk, selesai," kata Syamsul sembari memperagakan tangannya untuk mencoblos kertas suara.

Publik awalnya hanya tersenyum mendengar ini. Namun selanjutnya, gelak tawa sekaligus tepuk tangan terdengar riuh. Para peserta acara ini seloah memahami isyarat Syamsul bila dikaitkan dengan nomor urut pasangan calon pada Pilgub Sumut 2018-2023, yakni Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Nomor Urut 1) dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Nomor Urut 2).

Para peserta acara kembali tertawa saat Syamsul mengulang perkataan tersebut.

"Pertama datang, dua cucuk, pulang, sudah. Itu saja pun tak mau," katanya.

Menurut Syamsul, Pilkada dan Pilgub Sumut memakan biaya yang tidak murah.  Sekitar Rp 1,2 triliun. Oleh karena itu, publik diminta memanfaatkan hak pilihnya.

"Apa Pak? Bapak enggak dengar pulak. Pertama datang, dua cucuk, pulang. Enggal usah kita pihak sana, pihak sini," ulang Syamsul kembali.

Pada acara ini, Syamsul dinobatkan sebagai Wali Rakyat Sumut oleh IKA KNPI Sumut.(nan/tribun-medan.com)

Sumber : medan.tribunnews.com