Thursday

PILKADA TAPTENG BADAR Unggul di Sibabangun

TAPTENG - Hasil perhitungan sementara Desk Pilkada Kecamatan Sibabangun, yang melakukan penghitungan cepat dalam Pilkada Tapanuli Tengah, hingga pukul 14.00 WIB, menempatkan pasangan calon nomor urut 3, Bahtiar Ahmad Sibarani - Darwin Sitompul (BADAR), berada pada urutan teratas.

Dari hasil 30 TPS yang telah masuk, Bahtiar - Darwin memperoleh suara 2.710 ( 39,42%), Amin P Napitupulu - Ramses Hutagalung (AMIRA) memperoleh suara 2.622 (38,14%). Sedangkan paslon Buyung Sitompul - Binsar Saruksuk memperoleh suara sebanyak 816 (11,87%) dan Pastor Rantinus Simanalu - Ust Sodikin M Lubis (PAUS), memperoleh suara 726 (10,56%).

Adapun Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Kecamatan Sibabangun yaitu 12.412. Sementara jumlah pemilik suara yang memberikan hak suaranya sebanyak 7.018, dimana suara tidak sah sebanyak 144 suara. Untuk partisipasi kehadiran pemilih mencapai 56.5 persen.

Hasil perhitungan Desk Pilkada Kecamatan Sibabangun ini adalah hasil rekapitulasi petugas Desk Pilkada dari setiap TPS. "Hasil rekapitulasi ini masih sementara, kita masih menunggu data valid dari petugas kita dilapangan," ujar Camat Sibabangun. Zulkifli Simatupang SH.

Untuk persentase tingkat Desa/Kelurahan, pada dasarnya paslon AMIRA menguasai 4 Desa, yakni Desa Mombang Boru, Muara Sibuntuon, Simanosor dan Hutagurgur. Sedangkan Paslon BADAR menguasai Kelurahan Sibabangun, Desa Anggoli dan Desa Sibiobio. Namun paslon BADAR berhasil unggul telak dari AMIRA di Desa Sibiobio, dengan selisih suara 175.

Terkait penyelenggaraan Pilkada di Kecamatan Sibabangun, Zulkifli mengatakan berjalan dengan lancar dan terkendali. Namun Zulkifli sangat menyesalkan belum signifikannya partisipasi masyarakat untuk memberikan hak suaranya.

"Kita telah berupaya maksimal. Namun hasil yang kita capai belum sesuai dengan yang diharapkan," pungkas Zulkifli. (ben/wtc)
Sumber : Wartatapanuli.com